banner 728x250

Hari Listrik Nasional, PLN UP3 Berperan untuk Kemajuan Pembangunan Papua Barat Daya

banner 120x600
banner 468x60

JejakPeristiwa.id || SORONG – Dalam rangka Hari Listrik Nasional, PT PLN (Persero) UP3 Sorong sekaligus meresmikan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) dan Electrifying Lifestyle Festival UP3 Sorong serta menetapkan gerakan transformasi lewat Program Transformasi PLN. Empat aspirasi yang tertuang dalam Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused menjadi tolak perubahan besar pada tubuh PLN terutama dari sisi layanan kepada pelanggan. peresmian SPKLU (stasiun pengisian kendaraan listrik umum) di laksanakan di halaman kantor PLN UP3 Sorong jalan Ahmad Yani klademak 1 kelurahan klaligi provinsi Papua Barat Daya Jumat (27/10/2023).

Maka setiap tanggal (27/10) PLN memperingati salah satu hari paling bersejarah dalam kehidupan bangsa Indonesia di mana Indonesia berhasil merebut perusahaan listrik dari tangan Jepang pada tahun 1945 dan ditetapkan lewat penetapan pemerintah Nomor 1 Tahun 1945 tertanggal 27 oktober 1945. Pada hari ini pun ditetapkan sebagai Hari Listrik Nasional (HLN).

banner 325x300

Berjalan beriringan dengan kemerdekaan Indonesia, 78 tahun sudah PLN menjawab tantangan keandalan listrik dan isu pelayanan yang terus menjadi PR besar PLN. Namun, Transformasi PLN ternyata bukan hanya isapan jempol belaka. Aplikasi PLN Mobile pun mengambil peran penting dalam membentuk kembali pola kemudahan akses layanan PLN oleh masyarakat.

Tentu saja masih hangat dalam benak kita mengingat antrian panjang yang dulu terjadi untuk membayar tagihan listrik di loket-loket PLN, berbagai pengaduan tentang kurangnya pelayanan PLN juga harus menempuh jalan yang jauh dari rumah hingga bisa ke kantor PLN, belum lagi masih harus menunggu di rumah dengan cemas kapan petugas dari PLN datang untuk menindak lanjuti pengaduan yang diberikan.

Kini, hal tesebut berubah drastis dengan kehadiran aplikasi super PLN beserta layanan komplitnya. Tidak ada lagi antrian yang mengular, tidak ada lagi batas waktu untuk PLN memberikan kepeduliannya bagi pelanggan yang mengadu serta tidak ada lagi ’stigma’ sulit untuk dapat mendapatkan listrik. PLN berusaha merangkum hampir semua layanan yang ada di Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN yang menjadi garda terdepan pelayanan PLN ke dalam satu platform aplikasi super PLN Mobile, mulai dari permohonan pasang baru, pembayaran tagihan listrik, pembelian token listrik, catat meter mandiri, pengaduan dan keluhan, pelaporan gangguan, pemantauan status pengaduan dan gangguan, monitoring history tagihan listrik dan pembelian token, langganan internet Iconnet, dan tambah daya.

Selanjutnya menurut General Manager PLN UP3 Sorong, Shofwan Juniardi menyampaikan dalam sambutannya saat pelaksanaan Peringatan HLN ke-78 bahwa Insan PLN harus bisa tampil memberikan solusi untuk Indonesia. Tujuannya satu, untuk Indonesia. Dengan jutaan pelanggan yang bisa menikmati listrik yang andal,sehingga dengan layanan PLN yang terbaik, yang responsif, yang memuaskan,“ ujar Shofwan Juniardi.

Terbukti dengan index kepuasan pelanggan PLN UP3 sorong yang sangat meningkat, karena di beberapa daerah salah satu faktor di mana masyarakatnya di nilai sejahtera kemudian ekonominya maju dan ini merupakan salah satunya dari bentuk pelayanan PLN Mobile sehingga dapat menjadi media yang tepat untuk memberikan berbagai solusi kelistrikan yang dibutuhkan masyarakat.karena Kepuasan yang dirasakan masyarakat pun telah mengapresiasi oleh Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sorong dengan memberikan penghargaan kepada pelanggan yang bertransaksi paling banyak di aplikasi PLN Mobile serta memberikan beasiswa kepada paskibraka yang berprestasi. Hal ini merupakan apresiasi kepada pelanggan karena sudah memberikan dukungan dalam program transformasi PLN.

Lanjut Manager UP3 Sorong, Shofwan Juniardi juga menghimbau, bahwa dengan kehadiran aplikasi PLN Mobile menjadi solusi kelistrikan dengan mudah dari mana saja dan kapan saja tanpa harus repot mencari loket yang memakan waktu dan tenaga. ”PLN selalu bertransformasi mengikuti perkembangan zaman dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, salah satunya dengan menghadirkan fasilitas kelistrikan lewat PLN Mobile,” kata Shofwan Juniardi.

Senada dengan hal tersebut pemerintah provinsi Papua barat daya juga mengajak seluruh masyarakat pada momen HLN ke-78 tahun ini untuk dapat mendukung PLN agar lebih baik lagi dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile dalam setiap kebutuhan masyarakat akan listrik PLN. “Mari kitorang sama-sama pakai PLN Mobile agar semua makin mudah,” ajak Suroso mewakili Gubernur Provinsi Papua Barat Daya.

karena aplikasi PLN Mobile dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store,”jelas Suroso.

“Kemudian di lanjutkan dengan sambutan wali kota Sorong yang di wakili oleh asisten satu bapak Jeremias Gemenop, juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada UP3 Sorong untuk menghadirkan sekaligus meresmikan stasiun pengisian kendaraan listrik umum di kota Sorong sebagai suatu langkah untuk memajukan tanah Papua khususnya kota Sorong, semoga pemerintah kota Sorong tentunya akan menyambut baik dan memberikan dukungan sepenuhnya atas kemajuan dan perkembangan di tanah Papua yang kita cintai bersama”.

Lanjut Jeremias Gemenop sebagaimana penggunaan kendaraan listrik agar ramah lingkungan sehingga dengan hadirnya kendaraan listrik ini,dapat mendorong suatu program yang akan kami perjuangkan untuk program anggaran daerah berikutnya dalam melakukan pembelian kendaraan listrik lainnya di lingkungan pemerintah kota Sorong.

Hal ini juga menjadi tantangan bagi kita semua khususnya masyarakat kota Sorong untuk beralih ke kendaraan listrik sesuai dengan arahan bapak presiden RI pada acara G20, bahwa nantinya kita akan mengarah pada penggunaan energi ramah lingkungan,” imbuh Jeremias Gemenop.

Setelah peresmian SPKLU (stasiun pengisian kendaraan listrik umum) di lanjutkan dengan giat masak masak oleh ibu – ibu dengan mengunakan kompor listrik,”tutupnya”.

(Tim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *