banner 728x250
TNI  

Kodim 1505/Tidore Siap Amankan Suksesi Nasional dan Pilkada Serentak, Kasdim Sampaikan Pesan Panglima TNI

banner 120x600
banner 468x60

Tidore, Kamis (17 Oktober 2024) – Kodim 1505/Tidore melaksanakan upacara bendera rutin 17-an yang digelar di lapangan Makodim 1505/Tidore. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Kasdim 1505/Tidore, Mayor Inf. Nasarudin Umasugi. Pada kesempatan ini, Kasdim membacakan amanat dari Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si.

Dalam amanat tersebut, Panglima TNI menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 TNI yang berlangsung dengan tertib, lancar, dan spektakuler di seluruh wilayah Indonesia. Puncak acara peringatan HUT TNI digelar pada 5 Oktober 2024 di Monumen Nasional, Jakarta, yang dihadiri ratusan ribu masyarakat. “Kehadiran masyarakat secara sukarela dalam acara tersebut menunjukkan kuatnya hubungan historis dan emosional antara TNI dan rakyat,” ungkap Panglima TNI dalam amanatnya. Ia menegaskan bahwa TNI sebagai Tentara Rakyat akan selalu menjaga jati diri dan hubungan yang erat dengan rakyat.

banner 325x300

Lebih lanjut, Panglima TNI juga menyoroti dua agenda politik nasional penting yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Pertama, Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih yang akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2024. Panglima menekankan komitmen TNI, bersama Polri, untuk menjaga stabilitas dan memastikan proses transisi pemerintahan berjalan lancar. Kedua, Pemilihan Kepala Daerah Serentak yang akan digelar di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota pada bulan November. Dalam amanatnya, Panglima kembali menegaskan komitmen netralitas TNI, dengan menekankan bahwa TNI tidak akan terlibat dalam politik praktis.

“Tugas TNI adalah membantu Pemerintah dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak dan mendukung Polri dalam pengamanan setiap tahapan proses Pilkada,” tegas Panglima TNI. Ia juga mengingatkan jajaran TNI untuk terus memetakan potensi kerawanan di wilayah masing-masing, memperkuat sinergi dengan tokoh masyarakat, dan menyiapkan rencana kontijensi untuk mengantisipasi potensi bencana alam yang dapat mengganggu logistik Pilkada.

Upacara berlangsung dengan khidmat dan lancar, diikuti oleh personel Kodim 1505/Tidore. Kehadiran para prajurit dalam upacara ini mencerminkan kesiapan mereka dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan, sesuai arahan Panglima TNI.***

(TNI-AD, Penerangan Kodim 1505/Tidore)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *