Kota Sorong (21/6/25) – Guna membina potensi maritim dan meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda sejak usia dini, akan kekuatan TNI Angkatan Laut, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIV Sorong menerima Kunjungan Edukatif dari Sekolah Sempoa. Kunjungan ini bertujuan memperkenalkan TNI AL serta beberapa kapal perang milik Lantamal XIV, bertempat di Mako Lantamal XIV Sorong, Jalan Bubara Nomor 01, Klaligi, Distrik Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya. (19/06).
Saat tiba di lokasi, rombongan siswa-siswi beserta guru pendamping disambut hangat oleh Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal XIV, Letkol Marinir Andi Usman, S.Sos., M.Si., beserta staf Dispotmar. Dalam sambutannya, Kadispotmar Lantamal XIV memaparkan pengenalan singkat tentang TNI Angkatan Laut, meliputi tugas pokok, peran strategis dalam menjaga kedaulatan laut Indonesia, hingga berbagai jenis kapal perang yang dimiliki.
Melanjutkan kegiatan, para siswa juga diajak berkeliling untuk melihat langsung area Lantamal XIV. Salah satu puncak kunjungan adalah ketika siswa-siswi diperkenalkan dengan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Sura-802, dari jajaran Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XIV. Aktivitas ini memberikan pengalaman langsung yang menyenangkan dan berwawasan luas bagi peserta didik, sekaligus menanamkan rasa kagum dan semangat nasionalisme sejak usia dini.
Tak hanya itu, siswa-siswi turut mendapatkan penjelasan langsung tentang sistem persenjataan kapal, demi memahami kesiapan tempur dan peran strategis TNI Angkatan Laut dalam mempertahankan kedaulatan maritim Indonesia. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama, di mana para siswa terlihat sangat senang dan antusias berpose bersama para prajurit TNI Angkatan Laut. Kunjungan ini adalah bagian dari program pembinaan potensi maritim yang teratur diselenggarakan Lantamal XIV, sebagai ikhtiar mendekatkan TNI Angkatan Laut kepada publik serta memupuk rasa cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan penghormatan terhadap profesi TNI pada generasi muda.
(Tim/Red)